Pasangan Hidup VS Prinsip Hidup

Wow. Can't remember the last time I actually blog in Bahasa.
Lah ini niatnya mau blog pake bahasa Indo kenapa intro-nya pake Inggris yak?

Well, this random thought of mine just came in yesterday, jadi bahasa keren-nya ya... Fresh from the oven lah. Jadi gue kalo nge-blog kan kadang ditulis di HP dulu, atau di kertas, atau di Mac, ini ide kemaren yang terpaksa tertunda karena sambungan internet ga bersahabat. Tapi mumpung koneksi sembuh tiba-tiba (provider sedang galau nampaknya, kita cari uang bersama setelah libur lebaran ya, Mbak Operator), jadi langsung tumpah deh jadi blog.

Prinsip. Apa sih prinsip? Menurut gue prinsip itu pegangan hidup. Tentu cara di-raise orang kan beda-beda, your view on standards otomatis jadi beda-beda. Seberapa besar prinsip lo di hidup ini adalah pengukur seberapa jauh atau seberapa kuat lo akan bertahan kalo ada guncangan. Contoh kasarnya, kalo cowo punya prinsip hidup "SCSC" (Baca: Satu Cewe Saja Cukup), pasti, without a doubt, dia ga akan selingkuh. Ya secara jiwa, bohong deh kalo cewe bukan kelemahan cowo. Orang sekuat Ade Rai atau Dwayne Johnson aja pasti kelemahannya juga cewe. Fix. Tapi kembali lagi, seberapa besar cowo itu bisa berpegang pada prinsip hidupnya?


Iya, emang penting, perlu ada foto.

Gimana cara orang lihat apakah seseorang punya prinsip alias ga plin plan? Orang yang suka nyepelein hal-hal kecil biasanya ga bisa berpegang sama prinsip hidupnya. Kalo lo bilang, "Ya yaudah lah, gapapa selingkuh dikit, siapa juga sih yang bisa tahan sama satu orang aja seumur hidupnya," mungkin lo bilang, "Ya yaudah lah, gapapa boong sekali-sekali. Dia juga pasti pernah boongin gue," atau bisa juga, "Telat dikit gapapa lah, siapa sih yang ga pernah telat?!" Kalo lo tau banget orang yang suka kayak gitu, berarti lo tau just how much he/she worth. There's no excuse in cheating or lying or being late, that's like being absolutely okay for being a jerk. Justru kalo hal kecil aja dia ga bisa dipegang omongannya, gimana mau dipercayain sama hal-hal yang lebih besar? Apalagi cowo-cowo nih (buat para cewe), mereka tuh harusnya tau apa yang mereka mau, gimana ngeraihnya, dan pasti mereka ngelakuin apapun juga caranya buat ngeraihnya. Prinsip emang butuh kegigihan. Punya prinsip berarti orang itu punya integritas, ngomong A ya A, ngomong B ya B. Jujur ya memang ga gampang jadi orang yang berpegang pada prinsip hidup.

Seseorang yang berpegang pada prinsip hidupnya emang harus walk the extra mile alias lebih bersusah-susah sedikit. Tapi seseorang yang punya prinsip pasti ga gampang diinjek-injek orang, percaya deh. Nah, itu juga bisa jadi takaran dalam mencari pasangan hidup. Pasangan hidup yang ideal itu yang penting punya prinsip. Komitmen kan butuh banget yang namanya berpegang sama prinsip. Prinsip ini luas loh. Rajin kan juga prinsip, jadi kalo lagi diuji masalah finansial misalnya nih, tapi kalo prinsipnya "Kerjain yang terbaik walaupun pemasukkan ga asik," menurut gue cuma a matter of time sebelum nanti akan sepenuhnya berhasil. Kalo prinsipnya no nyeleweng allowed, atau no kompromi sana sini, udah aman deh. Kalo prinsip aja jelas, pasti tujuan hidup juga jelas. Fix.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment